Tuesday, May 13, 2008

Metrodata dan Aneka Gas Jual Obligasi Syariah

Irna Gustia - detikFinance

Jakarta - Perusahaan kini ramai-ramai menerbitkan obligasi syariah atau sukuk setelah pemerintah berkomitmen mengembangkan pasar syariah dengan telah disetujuinya UU SBSN.

Perusahaan elektronik PT Metrodata Electronics Tbk dan PT Aneka Gas Industri mengumumkan akan menerbitkan sukuk masing-masing Rp 100 miliar dan Rp 250 miliar.

Metrodata menawarkan sukuk berjangka waktu 5 tahun dengan nama Sukuk Ijarah Metrodata Electronics I Tahun 2008.

Metrodata telah menunjuk PT Andalan Artha Advisindo Sekuritas sebagai penjamin emisi sukuk dengan wali amanat Bank Mega. Obligasi Metrodata akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2 Juli 2008.

Dana hasil penerbitan sukuk ini sebesar 55% digunakan untuk akuisisi 100% saham Soltius Asia Pte Ltd Singapore serta sisanya untuk modal kerja.

Sedangkan sukuk PT Aneka Gas Industri juga berjangka waktu 5 tahun dan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI)10 Juli 2008.

Dana hasil penerbitan Sukuk Aneka Gas sebesar 55% untuk melunasi bank dan 45% untuk investasi peralatan. Penerbitan Sukuk Aneka Gas bersamaan dengan penjualan obligasi biasa sebesar Rp 80 miliar.

Aneka Gas yang merupakan perusahaan produk gas industri ini juga menunjuk PT Andalan Artha Advisindo Sekuritas sebagai penjamin emisi sukuk dengan wali amanat Bank Mega.