Tuesday, May 13, 2008

Bank Jabar Kaji 15 Bank untuk Akuisisi

Oleh ISM
13 Mei 2008

Rencana Bank Jabar Banten membentuk bank syariah melalui pemisahan usaha (spin off) unit usaha syariahnya makin mengerucut. Bank tersebut kini tengah mengkaji sekitar 15 bank umum untuk diakuisisi.

"Kami tengah memantau kinerja sedikitnya 15 bank yang diusulkan oleh Bank Indonesia," kata Pimpinan Divisi Usaha Syariah Bank Jabar Banten, Rukmana, kepada Bisnis Indonesia belum lama ini.

Rukmana, mengatakan Bank Jabar tidak membuat batasan wilayah bank yang akan dibeli. Pemantauan juga dilakukan terhadap bank yang beroperasi di luar wilayah Jabar.

Untuk memuluskan proses akuisisi, kata Rukmana, Bank Jabar Banten akan membentuk tim konsultan bisnis sebagai tim ahli. Tim ini bertugas mendampingi tim Bank Jabar Banten dalam proses spin off dan memberikan pertimbangan kriteria secara detail bank yang akan diakuisisi.

"Beberapa kriteria seperti harga, sumber daya insani yang dimiliki, termasuk teknologi informasi menjadi pertimbangan," ungkapnya.

Selain membentuk tim konsultan bisnis, Bank Jabar juga berencana membentuk tim konsultan akuntansi guna menilai kesehatan bank yang masuk daftar akuisisi. Bank Jabar menargetkan proses spin off ini selesai pada 2010 (Niriah.com)

No comments:

Post a Comment