Tuesday, May 13, 2008

BSM Bank Syariah Terbaik, BNI Syariah UUS Terbaik

Oleh ISM
12 Mei 2008

Bank Syariah Mandiri (BSM) memperoleh penghargaan sebagai bank syariah terbaik 2008 dari Karim Business Counsulting (KBC). Sedangkan untuk kategori Unit Usaha Syariah, penghargaan terbaik direbut UUS BNI.

Terpilihnya BSM sebagai bank syariah terbaik, menurut Direktur KBC Adiwarman A Karim, didasarkan pada penilaian atas rasio-rasio keuangan dan performa kinerja yang melampaui bank syariah lainya.

”Jika dilihat dari rasio keuangan yang ada selama ini BSM lebih besar dan sangat sehat dalam menyelenggarakan bisnis perbankan syariah,” kata Adiwarman dalam acara konferensi pers The Financing Islamic Award di Jakarta Convention Centre, pekan lalu (10/5/2008).

Untuk kategori UUS dengan aset diatas Rp. 500 milyar BNI Syariah terpilih menjadi yang tebaik. "BNI Syariah luar biasa dalam kinerja bisnisnya selama ini,” ujar Adiwarman.

Sedangkan untuk UUS dengan aset di bawah Rp. 500 milyar yang terbaik adalah Bank DKI syariah. Bank milik pemerintah DKI tersebut untuk tahun ini memiliki prestasinya sangat signifikan.

Award seperti yang digagas KBC dan diselenggarakan setiap tahun ini, menurut Adiwarman, sering pula dilakukan oleh beberapa lembaga lainya. Bedanya, penilaian yang dilakukan KBC selain berdasarkan survai laporan keuangan masing-masing bank syariah, KBC juga melakukan turun langsung dan meninjau bank syariah bersangkutan. Selain itu, KBC juga melakukan penelitian di delapan kota besar untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap bank syariah.

”Dari jumlah penelitian tersebut akhirnya diperoleh skor angka, bank syariah mana yang layak yang terbaik dan teryata di tahun ini jatuh pada BSM,” jelas Adiwarman.(Niriah.com)

No comments:

Post a Comment